Makanan Halal di Korea Selatan

Perkembangan Islam di Korea Selatan

Islam di Korea Selatan – Di Indonesia, apapun yang berhubungan dengan Korea Selatan pasti diminati oleh banyak anak muda seperti drama Korea, kpop, makanan Korea, budaya Korea, hingga liburan ke Korea pun juga semakin populer di Indonesia.

Namun jika kita berbicara tentang Korea, lebih tepatnya islam di Korea Selatan mungkin akan berbeda. Jika dibandingkan dengan Amerika yang mempunyai banyak imigran, Islam di Amerika sudah berkembang, Bahkan sudah cukup banyak orang yang tidak heran melihat wanita berhijab. Lalu bagaimana dengan perkembangan islam di negeri ginseng ini? Berikut ini akan kami sampaikan perkembangan agama islam di negeri yang satu ini.

Bagaimana Perkembangan Islam di Korea Selatan?

islam di korea selatan

Dulunya wanita yang menggunakan hijab di Korea Selatan akan dipandang aneh oleh para penduduk Korea, Bahkan ada juga perlakukan rasis yang tidak mengenakan. Banyak orang Korea yang akan memandang wanita berhijab dengan tatapan yang membuat wanita tersebut merasa tak nyaman dan tak aman.

Beberapa tahun sebelumnya memang Islam tidak begitu berkembangan. Selain itu, agama Budha, Katolik, dan Kristen Protestan memang masih mendominasi. Namun untunganya karena 2-3 tahun terakhir semakin banyak orang yang mengunjungi Korea entah itu untuk liburan, bekerja, dan juga kuliah disana, maka perkembangan Islam pun semakin maju.

Memang kebanyak orang Islam yang berada di Korea adalah para mahasiswa yang kuliah atau mendapatkan beasiswa disana. Karena itulah untuk daerah Seoul sendiri pun juga semakin banyak pemandangan wanita yang mengenakan hijab di jalanan.

Wawasan Orang Korea tentang Islam

Wawasan Orang Korea tentang Islam

Wawasan orang Korea tentang Islam pun semakin berkembang karena banyaknya orang Islam dari Indonesia, Malaysia, atau Turki yang tinggal disana. Terutama di kampus-kampus memang semakin banyak mahasiswa yang terbuka dengan Islam di Korea Selatan.

Bahkan dosen pun juga membahas agama Islam di beberapa kelas. Namun jika Anda mengunjungi daerah di luar Seoul seperti kota-kota kecil atau desa, mungkin masih akan menerima tatapan aneh dari orang Korea.

Bagi yang sudah tinggal lama di Korea pun juga merasakan perkembangan Islam di Korea Selatan terutama pada saat bulan puasa. Puasa di Korea memang cukup lama yaitu bisa 16 hingga 20 jam. Namun sekarang karena semakin banyak orang Islam di Korea, menjalanka puasa pun juga tidak sulit karena banyak teman yang melakukan ibadah ini.

Bahkan di daerah Itaewon pun ada masjid yang besar dan sering digunakan untuk kumpul-kumpul orang Islam seperti acara buka puasa bersama, pengajian, ataupun hal-hal lainnya. Masjid yang dulunya hanya ada di Itaewon pun sekarang sudah bisa ditemukan di tempat lain. Bahkan ada pula beberapa musola yang bisa Anda datangi di berbagai kampus dan juga di tempat wisata.

Makanan Halal di Korea Selatan

Makanan Halal di Korea Selatan

Lalu bagaimana dengan makanan? Sampai 5 tahun lalu, mencari makan halal cukup sulit. Banyak orang Islam di Korea yang harus pergi cukup jauh dari tempat tinggalnya untuk berbelanja bahan makanan halal.

Memamg di beberapa tempat ada toko yang menjual bahan makanan halal namun tidak semua orang bisa sering-sering kesana karena letaknya jauh. Tapi sekarang tentu sudah beda. Bukan hanya toko bahan makanan saja yang semakin banyak.

Namun rumah makan halal pun juga sudah bisa Anda temukan di banyak tempat. Kebanyakan yang menual adalah orang Malaysia ataupun orang Turki. Tentu saja Korea Selatan pun semakin nyaman untuk ditinggali umat Muslim karena semakin banyak orang, masjid, dan juga makanan halal berkat perkembangan Islam di Korea Selatan yang pesat

Leave a Comment